Bisnis

Bank Indonesia akan Naikkan Suku Bunga Bank

Bank Indonesia baru-baru ini memberikan informasi mengenai suku bunga acuan yang akan naik sebesar 4,5% atau 25 basis poin (bps).

Tak Hanya itu, BI juga menaikkan bunga Deposit facility menjadi 3,75%. Serta suku bunga lending menjadi 5,25% yang mulai diterapkan mulai dari tanggal 18 Mei 2018.

Perwakilan Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur menjelaskan tentang kenaikan bunga. Perbankan dan bunga deposito berkisar 25 basis poin atau 50 basis poin.

Meskipun bunga deposito mengalami kenaikan tapi untuk bunga kredit perbankan belum naik karena harus melihat perkembangan satu sampai dua bulan kedepan.

Ia juga menyampaikan, “Kalau bisa dikendalikan dengan baik maka bank tidak perlu menaikkan bunga kredit. Memang akan berbeda dampak di masing-masing bank tergantung kondisi dan kebijakannya. Bisa ada kenaikan dan bisa minim,”

Berdasarkan data BI rata-rata suku bunga deposito tercatat 5,84% dan bunga kredit 11,2%. Pertumbuhan kredit pada Maret 2018 tercatat sebesar 8,5% (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 8,2% (yoy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *